hiduplah seperti tak kan ada hari esok :)

Selasa, 20 November 2012

Cara Menguasai Goggle Chrome by : Dwi Putri Anisa

Melengkapi postingan terdahulu tentang Tips Menarik Untuk Pengguna Google Chrome, kali ini akan saya sampaikan Tips dan Trik Cara Cepat Menguasai Google Chrome. Google Chrome merupakan sebuah web browser yang dikembangkan oleh Google menggunakan mesin rendering WebKit. Mesin ini menerapkan sebuah kerangka kerja yang membuat para programmer mampu mendesain browser yang bekerja sama baiknya pada komputer pribadi maupun perangkat bergerak (mobile).
Dibandingkan dengan browser pesaingnya, Google Chrome terlihat sangat berbeda karena mempunyai fitur menarik yang tidak dimiliki oleh browser lain. Chrome berusaha untuk menggabungkan desain minimal dengan teknologi canggih agar dapat diakses dengan lebih cepat, aman, dan mudah.
Google Chrome pertama kali dirilis tanggal 2 September 2008 dalam versi beta untuk Windows XP dan Vista. Ide dasar pembuatan Google Chrome ini muncul seiring dengan meningkatnya kebutuhan manusia untuk mengakses internet dengan menggunakan berbagai aplikasi web browser terkini. Web browser tidak lagi digunakan untuk mencari informasi semata namun juga untuk email, networking, transaksi online hingga menggunakan aplikasi interaktif. Oleh karena itu, pihak Google menyadari bahwa web browser yang dibutuhkan saat ini harus mempunyai platform yang lebih modern untuk web pages dan aplikasi lainnya.
Google kemudian meluncurkan sebuah proyek open-source bernama Chromium untuk mengembangkan aplikasi web yang mempunyai platform kuat dan dilengkapi teknologi canggih. Proyek Chromium inilah yang menjadi perintis lahirnya Google Chrome sebagai browser yang diyakini mampu mengakses internet dengan lebih cepat, stabil, dan aman penggunaannya.
Browser Chrome mempunyai sistem yang dapat memisahkan setiap tab yang ada dalam aplikasi tersendiri serta menggunakan CPU dan memory secara terpisah. Dengan menerapkan sistem ini berarti jika salah satu tab yang sedang dibuka mengalami masalah, tab-tab yang lain tidak akan terpengaruh. Selain itu, Chrome menggunakan V8, yaitu sebuah teknologi baru yang mampu mengakselerasi web dan aplikasi JavaScript. Apabila Anda ingin melakukan searching ataupun googling, Anda tidak perlu mengetikkan alamat situs Google. Anda cukup mengetikkan kata kunci yang Anda cari pada Address Bar. Chrome akan mencarikan situs-situs yang berhubungan dengan kata kunci tersebut secara otomatis dengan menggunakan Google.
Demi keamanan pengguna, Chrome dilengkapi sistem untuk memperingatkan pengguna apabila akan memasuki situs yang tidak aman serta mem-blacklist phising dan malware. Selain itu Chrome juga menyediakan Incognito Mode atau mode penyamaran. Mode ini digunakan apabila Anda tidak ingin menyimpan browsing history maupun cookies dari situs-situs yang Anda kunjungi.
Dari segi tampilan, jendela Google Chrome terkesan sederhana, klasik dan ringan. Hal ini dapat dilihat dari tampilannya yang berbeda dari browser lain yaitu tanpa menu bar. Toolbar Chrome hanya terdiri atas Mundur, Maju, Muat Ulang, Bookmark, Bilah Alamat, Laman dan Alat. Halaman utama Chrome menyajikan kumpulan bookmark dari halaman situs yang pernah Anda kunjungi sehingga jika Anda ingin mengunjungi situs itu kembali, Anda tidak perlu lagi mengetikkan alamat situs pada URL Address.
Jika tampilan Google Chrome terlihat sederhana dengan menggunakan warna-warna klasik, tidak demikian dengan logo Chrome yang mempunyai kombinasi warna cukup berani. Chrome memiliki logo berbentuk bulat dan mengilat dengan skema warna merah, hijau, kuning dan biru.
Sebagai browser baru, Google Chrome mempunyai fasilitas yang lumayan bagus sehingga mampu menarik perhatian pecinta dunia maya dari seluruh penjuru dunia. Berikut ini beberapa fasilitas yang ditawarkan oleh Google Chrome.
  1. Riwayat Pencarian. Fasilitas ini untuk menampilkan history atau tampilan situs-situs yang pernah ikunjungi. Untuk melihatnya, tekan tombol Ctrl+H.
  2. Menu URL About. Menu ini digunakan untuk melihat informasi dan statistik yang berhubungan dengan browser Google Chrome. Caranya, ketikkan “about:dns”, “about: plugins”, about:internets” (tanpa tanda petik) pada URL Address. Misalnya, ketikkan about:dns, untuk melihat proses fetching DNS (Domain Name System) browser Anda atau ketikkan about:memory untuk mengetahui penggunaan memory browser.
  3. Pengelola Tugas. Google Chrome mempunyai pengelola tugas khusus untuk website menggunakan tombol keyboard Shift+Esc.
1.2 Keunggulan Google Chrome
Apabila Anda masih ragu untuk menggunakan browser terbaru keluaran Google ini, cobalah simak beberapa keunggulan Chrome berikut ini.
  1. Google Chrome mempunyai waktu loading aplikasi yang sangat cepat ketika pertama kali membuka aplikasi. Berbeda dengan browser lainnya yang membutuhkan waktu cukup lama untuk menjalankan programnya ketika pertama kali digunakan. Kecepatan akses Chrome juga diyakini melebihi pesaing lainnya, antara lain Internet Explorer 7, Safari, Firefox  dan Opera.
  2. Alokasi memory yang sangat kecil memungkinkan Anda untuk membuka halaman web secara bersamaan.
  3. History halaman web yang paling sering dikunjungi ditampilkan pada halaman utama Chrome dalam bentuk thumbnail sehingga memudahkan Anda untuk mengunjungi situs favorit Anda.
  4. Chrome mempunyai tab yang dapat mengecil secara maksimal sehingga Anda dapat membuka dan menikmati puluhan tab terbuka pada layar komputer Anda.
  5. Jika ada Pop Up Window yaitu tampilan iklan yang muncul tiba-tiba dalam browser Anda, iklan tersebut akan di-minimize secara otomatis di bawah jendela.
  6. Terdapat pilihan beragam bahasa termasuk bahasa Indonesia.
1.3 Cara Men-download Google Chrome
Berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda gunakan untuk mendownload Google Chrome:
  1. Masuklah ke http://www.google.com/chrome.
  2. Pada tampilan yang muncul, klik Download Google Chrome.
  3. Selanjutnya, bacalah persyaratan layanan. Jika sudah, tekan tombol Setujui, lalu Instal.
  4. Tunggulah proses penginstalan untuk beberapa saat hingga selesai.
  5. Kemudian Anda akan menjumpai kotak dialog Selamat Datang di Google Chrome. Klik kotak cek yang tersedia untuk menyelesaikan penginstalan secara default lalu tekan Aktifkan Google Chrome.
  6. Google Chrome akan terbuka secara otomatis setelah proses penginstalan selesai.
1.4 Mengenal User Interface Google Chrome
1.4.1 User Interface Google Chrome
Pada bagian ini, Anda dapat mengenal user interface serta mengenal fitur-fitur yang dimiliki Google Chrome secara lebih lanjut.
Berikut ini beberapa contoh penjelasan dari tampilan user interface Google Chrome:
  1. Mundur, untuk kembali ke halaman sebelumnya.
  2. Maju, untuk menampilkan halaman selanjutnya.
  3. Muat ulang, untuk memuat ulang atau me-refresh halaman web.
  4. Bookmark, untuk membuat bookmark baru atau menambah alamat situs yang Anda simpan dalam folder bookmark.
  5. Bilah Alamat, untuk mengetikkan alamat situs atau web yang akan dibuka.
  6. Laman, untuk mencetak hasil pencarian, mengganti tampilan layar dan berbagai aplikasi lain.
  7. Alat, untuk mengatur dan mengorganisasikan halaman web, mengganti riwayat pencarian serta menjalankan opsi-opsi lain yang akan dibahas pada bagian selanjutnya.
  8. Bookmark lain, untuk menampilkan koleksi bookmark yang Anda miliki.
  9. Riwayat Pencarian, untuk menampilkan pencarian yang pernah Anda lakukan. Jika Anda ingin menelusuri kembali situs yang pernah Anda kunjungi, cukup tuliskan kata kunci pada kotak teks Penelusuran kemudian pada tampilan berikutnya akan muncul berbagai situs yang pernah Anda kunjungi sebelumnya.
  10. Bookmark Terbaru, untuk menampilkan berbagai situs yang baru saja Anda kunjungi di mana alamat situs telah tersimpan dalam bookmark.
1.4.2 Menu Laman
Anda dapat memilih deretan opsi yang terdapat dalam menu Laman untuk menggunakan aplikasi yang dimiliki oleh Google Chrome. Simak deretan opsi yang dapat Anda gunakan di bawah ini:
  1. Buat pintasan aplikasi. Opsi ini digunakan untuk membuat shortcut aplikasi baru pada jendela Google Chrome.
  2. Potong. Opsi ini digunakan apabila Anda ingin memotong halaman web yang Anda kehendaki.
  3. Salin. Melalui opsi ini Anda dapat menyalin alamat web sehingga Anda dapat membuka aplikasi web yang sama di jendela yang baru.
  4. Tempel. Opsi ini digunakan untuk menempel alamat web yang telah di-copy pada jendela baru.
  5. Cari di Laman. Anda dapat menelusuri teks pada halaman web dengan menggunakan opsi ini. Sebagai contohnya, ketikkan “swine flu” pada kotak teks yang tersedia. Tak lama kemudian akan muncul highlight yang menyorot teks “swine flu” pada halaman web. Selanjutnya, pada kotak teks akan muncul jumlah kata-kata yang Anda cari tersebut.
  6. Simpan laman sebagai. Opsi ini digunakan untuk menyimpan salinan halaman-halaman web yang telah Anda pilih sebagai berkas HTML pada komputer.
  7. Cetak. Opsi ini dapat Anda gunakan untuk mencetak hasil pencarian yang telah Anda lakukan.
  8. Zoom. Melalui opsi ini, Anda dapat mengubah ukuran tampilan halaman web pada layar komputer sesuai dengan keinginan Anda. Anda juga bisa menggunakan shortcut keyboard untuk memberi perintah membuat layar lebih besar dengan menekan tombol Ctrl++ atau layar normal dengan menekan tombol Ctrl+0 serta mengganti tampilan layar agar lebih kecil dengan menggunakan tombol Ctrl+-.
  9. Pengaksaraan. Anda bisa mengetahui informasi tentang kode-kode yang dipakai untuk setting teks pada halaman website dengan mengakses opsi ini.
  10. Pengembang. Pada opsi ini Anda dapat mengetahui informasi tentang setting program JavaScript yang dijalankan oleh browser Anda. Untuk melihat catatan statistik atau memberi perintah baru untuk setting browser, Anda dapat menggunakan pilihan yang tersedia, yaitu Debug JavaScript, Konsol JavaScript, dan Pengelola tugas.
  11. Laporkan bug atau situs web rusak. Dengan menggunakan opsi ini, Anda dapat melihat laporan tentang website-website yang tidak berfungsi.
1.4.3 Menu Alat
Berikut ini deretan opsi yang ada pada menu Alat :
  1. Tab baru. Opsi ini digunakan untuk menampilkan tab baru sebagai halaman browsing.
  2. Jendela Baru. Opsi ini digunakan untuk membuat jendela baru sehingga Anda dapat melakukan browsing menggunakan banyak jendela yang terbuka.
  3. Jendela Penyamaran Baru. Anda dapat memakai opsi ini jika ingin aktivitas browsing Anda tidak tercatat oleh riwayat pencarian. Dengan membuka jendela baru pada mode penyamaran, Anda dapat aman melakukan browsing secara rahasia.
  4. Selalu tampilkan bilah bookmark. Opsi ini untuk memberi perintah agar Chrome selalu menampilkan bookmarks bar.
  5. Layar penuh. Opsi ini bisa Anda gunakan untuk mendapatkan tampilan layar penuh pada layar komputer Anda.
  6. Riwayat. Melalui opsi ini Anda bisa melihat daftar situs-situs yang pernah Anda kunjungi. Pada opsi Riwayat, Anda juga dapat mengatur atau menghapus riwayat pencarian.
  7. Pengelolaan Bookmark. Opsi ini digunakan untuk mengatur dan mengorganisasikan bookmark pada browser Chrome.
  8. Unduhan. Opsi ini digunakan untuk melihat riwayat unduhan atau download yang pernah Anda lakukan menggunakan Google Chrome.
  9. Menghapus data penjelajahan. Melalui opsi ini Anda dapat menghapus data-data browsing yang telah Anda lakukan selama ini.
  10. Impor bookmark & setelan. Anda dapat mengimpor bookmark dan setelan Firefox atau Internet Explorer menggunakan opsi ini.
  11. Pilihan. Anda bisa mengganti dan mengatur setting browser Chrome dengan memakai opsi ini.
  12. Tentang Google Chrome. Anda bisa mendapatkan banyak informasi tentang Google Chrome lebih lanjut dengan mengakses opsi ini.
  13. Bantuan. Opsi ini menampilkan file bantuan informasi dan panduan tentang Google Chrome.
  14. Keluar. Opsi ini digunakan apabila Anda ingin keluar dari Google Chrome.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar